Matlab 2008 Running on Linux

Pagi ini gw nyoba nginstall Matlab d Linux. Setelah gw browsing2 ternyata Matlab cuman support untuk beberapa versi Linux doank. Menurut ini, Matlab cuman support RedHat dan Debian, untuk Slackware blon keknya (Ga tau gw jg).

Berhubung gw punyanya Fedora 6, y gw nyobanya d Fedora (ya iyalah masa ya iya donk, nenek2 jg tau ..).

Pertama-tama gw donlot dulu source installernya (gw kaga mo ngasih link d sni, ntar gw d bilang nyebarin versi bajakan lg, cari ndiri d gugel, kmaren si agak susah nyarinya. Yang ada juga versi 2006, :D sabar ya le ..). Setelah dapet (ada 37 part, setiap part 100 MB, weew), tapi gw pantang menyerah, gw donlot atu2 dah walaupun pake passwd pinjeman :D.

Setelah beberapa menit, gw ekstrak. Setelah itu trus gw run installernya pke perintah mount /dev/hdc/ -t iso9660 /home/masdel/Matlab dan /home/masdel/Matlab/Install &

Namun, tanpa di duga kluarlah error tentang glnx86, klo ga salah libXp.so.6 ngga ketemu. libXp.so.6: cannot open shared object file: No such file or directory Kepaksa de ngubek2 om gugel lagi, setelah itu nemu ini, tapi pas gw run yum install libXp-devel muncul lagi de error2 yang laen Error 4:LibOpenURL

ternyata eh ternyata repo si Fedora 6 dah kaga ada lagi :(, akhirnya gw ngubek2 lagi de si om, alhamdulillah nemu repo Fedora 6 di sini. Set BaseURLnya si /etc/yum.conf ke sini, lalu run lagi yum install libXp-devel.

Downloading LibXp from Fedora6 Repo

Downloading LibXp from Fedora6 Repo

Installing LibXp-Devel

Installing LibXp-Devel

Setelah selesei, Bismillah .., ketik perintah berikut di shell paporit anda '/home/masdel/Matlab/Install'

n …, Matlab installer successfully running on your Linux OS. So, finally tinggal next2 aja sambil merem jg bisa.

Matlab Installer running on Linux

Matlab Installer running on Linux

Matlab 2008

Matlab 2008

Happy modeling :D